Isa Maharani, Ni Komang Ayu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI IPA SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031251-COVER.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031251-ABSTRAK.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031251-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031251-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031251-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031251-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031251-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031251-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031251-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun Media Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Materi IPA Sistem (2) untuk mengetahui kualitas Media Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Materi IPA Sistem Pernapasan (3) mengetahui efektivitas Media Komik Digital Berbasis Problem Based Learning Materi IPA Sistem Pernapasan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode angket/kuesioner, dan metode tes berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) media video pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi mata pelajaran sebesar 3,86 dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 3,7 dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian uji coba respon siswa sebesar 3,48 dengan kualifikasi sangat baik dan penilaian dari respon guru sebesar 3,53 dengan kualifikasi sangat baik (2) efektivitas media komik digital berdasarkan uji-t diperoleh didapatkan hasil bahwa nilai signifikansi (2-talled) untuk keterampilan berpikir kritis yang ditunjukan pada tabel two-sided mencapai skor 0,941. Hasil tersebut menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media komik digital berbasis problem based learning efektif diterapkan pada materi IPA sistem pernapasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Komik Digital, Problem Based Learning, IPA |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Isa Maharani |
Date Deposited: | 19 May 2025 01:18 |
Last Modified: | 19 May 2025 01:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24157 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |