Dewi, Ni Komang Ayu Trisna Sancita (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF “POROGAPIT MATH” BERBASIS BAR DIAGRAM PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN BERSUSUN DI KELAS III SD NO. 2 KUTUH TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031224-COVER.pdf Download (931kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031224-ABSTRAK.pdf Download (651kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031224-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031224-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031224-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031224-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031224-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031224-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031224-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan rancang bangun dari pengembangan multimedia interaktif “Porogapit Math” berbasis bar diagram, (2) Mengetahui kelayakan multimedia interaktif “Porogapit Math” berbasis bar diagram, (3) Mengetahui efektivitas dari multimedia interaktif “Porogapit Math” berbasis bar diagram bagi peserta didik kelas III SD No. 2 Kutuh. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian (1) Rancang bangun multimedia interaktif “Porogapit Math” berbasis bar diagram berbentuk media elektronik yang dikembangkan dengan model ADDIE, (2) Multimedia interaktif “Porogapit Math” berbasis bar diagram dinyatakan layak berdasarkan hasil review ahli isi mata pelajaran dengan persentase sebesar 92,86% (sangat baik), hasil review ahli desain instruksional dengan persentase sebesar 95% (sangat baik), hasil review ahli media pembelajaran dengan persentase sebesar 92,5% (sangat baik), hasil uji coba perorangan dengan persentase sebesar 97,5% (sangat baik) dan hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 96,6% (sangat baik). (3) Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai thitung = 2,287 Sedangkan ttabel dengan dk = (n – 1) = 27 pada taraf signifikan 5% adalah 2,052 sehingga thitung > ttabel yang berarti H₀ ditolak dan H₁ diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif “Porogapit Math” berbasis bar diagram efektif diterapkan pada materi pembagian di kelas III SD No. 2 Kutuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Bar Diagram. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Ayu Trisna Sancita Dewi |
Date Deposited: | 20 May 2025 02:34 |
Last Modified: | 20 May 2025 02:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |