PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA LAYANAN JASA FINTECH DI INDONESIA BERDASARKAN PASAL 4 HURUF A UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Winanda, I Kadek Tampan Nova (2025) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA LAYANAN JASA FINTECH DI INDONESIA BERDASARKAN PASAL 4 HURUF A UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114101207-COVER.pdf

Download (801kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114101207-ABSTRAK.pdf

Download (847kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114101207-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (894kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114101207-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114101207-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114101207-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114101207-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114101207-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114101207-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian0ini adalah untuk (1) Untuk memberikan gambaran yang luas dan lengkap mengenai perlindungan konsumen yang menggunakan jasa Fintech di Indonesia, berdasarkan UUPK pasal 4 Huruf A. (2) mengetahui bagaimana Fintech dapat memberikan solusi yang merespons kebutuhan konsumen akan kepercayaan, keamanan, privasi, layanan yang lebih baik, dan mengubah lanskap kompetitif. Penelitian ini merupakan penelitian normatif dengan jenis pendekatan peraturan perundang-undangan, dan pendekatan perbandingan. Bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh kemudian dilakukan analisis hukum dengan menggunakan teknik studi dokumen atau studi kepustakaan sesuai dengan aturan yang ada serta relevan dengan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini. Adapun hasil penelitian yang diperoleh penulis yaitu, kewajiban penyelenggara fintech dalam menjaga keamanan data pribadi sesuai dengan standar keamanan informasi, selain itu hak konsumen untuk mendapatkan informasi secara transparan terkait dengan pelayanan jasa Fintech yang beredar di masyarakat. Dengan menetapkan standar yang jelas tentang keselamatan dan kenyamanan, konsumen dapat membuat keputusan yang lebih baik saat akan memakai layanan Fintech tersebut. Penggunaan data pribadi. Upaya hukum yang dikenakan terhadap pelaku Penyebaran data pribadi konsumen dalam industri fintech di Indonesia dapat dikenakan sanksi hukum berdasarkan beberapa ketentuan yang ada dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) serta UU Perlindungan Data Pribadi. Dalam hal ini, pelaku usaha dapat dikenakan sanksi administratif, berupa denda, atau sanksi pidana sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tergantung pada tingkat kesalahan dan kerugian yang ditimbulkan oleh penyebaran data tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Fintech, Data Pribadi, Keamanan Informasi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: I Kadek Tampan Nova Winanda
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:24
Last Modified: 05 Jun 2025 02:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24376

Actions (login required)

View Item View Item