PERANCANGAN SERVICE DESK MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V4 (Studi Kasus: UPT TIPD STAHN Mpu Kuturan Singaraja)

Agus Mahendra, Gede (2025) PERANCANGAN SERVICE DESK MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V4 (Studi Kasus: UPT TIPD STAHN Mpu Kuturan Singaraja). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915091039-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915091039-ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915091039-BAB 1-PENDAHULUAN .pdf

Download (367kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915091039-BAB 2-KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915091039-BAB 3-METODELOGI PENELITIAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915091039-BAB 4-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915091039-BAB 5-PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915091039-DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (324kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915091039-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri di lingkungan Kementerian Agama RI, yang berada di Bali Utara yang tepatnya di Kota Singaraja, Kabupaten Buleleng. Berdasarkan hasil wawancara awal, ditemukan masalah bahwa UPT TIPD STAHN Mpu Kuturan Singaraja belum memiliki divisi atau fungsi service desk. Hal ini menyebabkan implementasi manajemen layanan, proses penanganan insiden dan permintaan layanan menjadi kurang optimal, serta tidak dilengkapi dengan dokumentasi yang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil analisis dan memberikan rekomendasi rancangan service desk dengan menggunakan framework ITIL V4. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode wawancara. Dalam perancangan service desk, digunakan metode analisis GAP kondisi saat ini dan kondisi ideal menurut ITL V4 pada proses manajemen layanan di UPT TIPD STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Hasil dari penelitian ini berupa dokumen rekomendasi yang mencakup dokumen struktur organisasi service desk, dokumen alur proses, dokumen SOP, dokumen katalog layanan TI, serta format pencatatan laporan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Service desk, ITIL V4, UPT TIPD STAHN Mpu Kuturan Singaraja.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Gede Agus Mahendra
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:39
Last Modified: 24 Jun 2025 01:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24634

Actions (login required)

View Item View Item