PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI MUATAN IPAS PADA SISWA KELAS IV SD NO. 1 SEMINYAK, BADUNG

Putri, Ni Komang Indah Melantini (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI MUATAN IPAS PADA SISWA KELAS IV SD NO. 1 SEMINYAK, BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031209-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031209-ABSTRAK.pdf

Download (485kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031209-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (484kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031209-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031209-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031209-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031209-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031209-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (439kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031209-LAMPIRAN.pdf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, hasil validitas ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli desain instruksional, uji ahli media pembelajaran, mengetahui hasil kepraktisan ditinjau dari uji coba pendidik, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil, serta mengetahui efektivitas video animasi berbasis pendekatan kontekstual materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi muatan IPAS pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non-tes berupa angket dan metode tes. Hasil penelitian pengembangan ini terdiri dari: (1) rancang bangun video animasi berbasis pendekatan kontekstual berupa flowchart dan storyboard berdasarkan tahapan model pengembangan ADDIE yang menghasilkan video animasi yang dapat diakses melalui YouTube, (2) hasil validitas video animasi berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan valid berdasarkan hasil penilaian ahli isi mata pelajaran sebesar 94,16% dengan kualifikasi sangat baik, penilaian uji ahli desain instruksional sebesar 91,25% dengan kualifikasi sangat baik, penilaian uji ahli media pembelajaran sebesar 91,96% dengan kualifikasi sangat baik, (3) hasil kepraktisan video animasi berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan praktis berdasarkan hasil uji coba pendidik, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil sebesar 94,83% dengan kualifikasi sangat baik, (4) berdasarkan hasil uji efektivitas menggunakan rumus uji-t dependent diperoleh nilai thitung = 23,913 yang selanjutnya akan dibandingkan dengan taraf signifikan 5% dengan dk = n – 1 = 17 – 1 = 16, diperoleh ttabel = 2,120 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan video animasi. Berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh bahwa thitung ˃ ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis pendekatan kontekstual efektif diterapkan pada materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi muatan IPAS pada siswa kelas IV SD No. 1 Seminyak, Badung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi, Pendekatan Kontekstual, Muatan IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Indah Melantini Putri
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:40
Last Modified: 24 Jun 2025 01:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24699

Actions (login required)

View Item View Item