EFEKTIFITAS KONSELING KOGNITIF PERILAKU TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS

UMAM, MUHAMAD (2025) EFEKTIFITAS KONSELING KOGNITIF PERILAKU TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KETERBUKAAN DIRI DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (2329111016-COVER.pdf)
2329111016-COVER.pdf

Download (664kB)
[img] Text (2329111016-ABSTRAK.pdf)
2329111016-ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[img] Text (2329111016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf)
2329111016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (165kB)
[img] Text (2329111016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf)
2329111016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (2329111016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf)
2329111016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (2329111016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf)
2329111016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (2329111016-BAB 5 PENUTUP.pdf)
2329111016-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (2329111016-DAFTAR PUSTAKA.pdf)
2329111016-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (184kB)
[img] Text (2329111016-LAMPIRAN.pdf)
2329111016-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Umam, Muhamad Safiul (2025), Efektivitas Konseling Kognitif Perilaku Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri dan Kesejahteraan Psikologis. Tesis, Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Kadek Suranata, M.Pd, Kons dan Pembimbing II: Dr. Luh Putu Sri Lestari, S.Pd., M.Pd. Kata-kata kunci: keterbukaan diri, kesejahteraan psikologis, konseling kognitif perilaku, restrukturisasi kognitif. Seringkali, masalah keterbukaan diri dan kesejahteraan psikologis menjadi penghalang bagi pertumbuhan emosi, hubungan sosial, eserta prestasi akademik siswa. Dalam melaksanakan penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui seberapa efektif konseling kognitif perilaku (RCT) dalam menciptakan peningkatan keterbukaan diri dan kesejahteraan psikologis. Studi ini memakai sebuah pendekatan kuantitatif melalui adanya desain eksperimen semu (quasi experiment). Dua kelompok, kelompok eksperimen kemudian juga kelompok kontrol, tersusun atas 30 siswa masing-masing. Alat pengumpulan data menggunakan skala keterbukaan diri dan kesejahteraan psikologis yang keduanya telah diuji untuk validitas dan kepercayaan. Sesudah pengujian prasyarat (uji normalitas, homogenitas, dan multikolinearitas) selesai, uji MANOVA penggunaannya dilakukan agar dapat melakukan analisis data. Melalui sebuah penelitian yang dihasilkan menampilkan bahwasannya siswa yang menerima konseling kognitif perilaku melalui metode restrukturisasi kognitif menampilkan adanya peningkatan yang signifikan dalam semua aspek keterbukaan diri mereka. Ini termasuk aspek emosi, sosial, dan personal; serta aspek kesejahteraan psikologis, seperti kepuasan, makna hidup, keterlibatan, hubungan sosial, dan pencapaian. Secara bersamaan, intervensi ini efektif terhadap kedua variabel yang diteliti (p < 0,001). Hasil ini memberikan bukti empiris bahwa restrukturisasi kognitif dapat membantu siswa mengenali, mengevaluasi, dan mengubah pikiran negatif yang menghambat keterbukaan diri dan kesejahteraan psikologis. Selain itu, konseling ini memperkuat kesejahteraan psikologis siswa yang menghadapi tekanan sosial dan akademik. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode konseling kognitif perilaku harus dimasukkan ke dalam program konseling sekolah untuk mendukung kesehatan psikologis dan hubungan sosial siswa secara konsisten.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: keterbukaan diri, kesejahteraan psikologis, konseling kognitif perilaku, restrukturisasi kognitif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: Muhamad Safiul Umam
Date Deposited: 26 Jun 2025 02:49
Last Modified: 26 Jun 2025 02:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24819

Actions (login required)

View Item View Item