Ishwariasih, Ni Putu Irma (2025) STUDI KOMPARASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TANTANGAN-ISU SOSIOSAINS-ARGUMEN TANDINGAN DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113031002-COVER.pdf Download (904kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113031002-ABSTRAK.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113031002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113031002-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa, baik secara parsial maupun simultan, serta respons siswa SMA terhadap penerapan model pembelajaran berbasis tantangan, isu sosiosains, dan argumen tandingan (PBT-ISS-AT) dibandingkan dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBM). Penelitian ini menerapkan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kuta Utara pada tahun ajaran 2024/2025, dengan sampel terdiri dari kelas XI A1, XI A2, XI B1, dan XI B2 yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes penguasaan konsep, tes berpikir kritis, dan angket respons siswa terhadap model pembelajaran. Analisis data dilakukan menggunakan Multivariate Analysis of Covariance (MANCOVA) dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis antara kedua kelompok secara parsial maupun simultan. Siswa yang belajar dengan model PBT-ISS-AT menunjukkan rata-rata skor penguasaan konsep sebesar 63,49 dan berpikir kritis sebesar 70,48, lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada model PBM yang memperoleh rata-rata 58,68 untuk penguasaan konsep dan 67,12 untuk berpikir kritis. Selain itu, siswa yang mengikuti pembelajaran PBT-ISS-AT memberikan respons lebih positif. Hasil ini menunjukkan bahwa model PBT-ISS-AT memiliki potensi sebagai strategi pembelajaran inovatif yang relevan dengan konteks dunia nyata dan dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia serta keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran berbasis tantangan-isu sosiosains-argumen tandingan, model pembelajaran berbasis masalah, penguasaan konsep kimia, berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Irma Ishwariasih |
Date Deposited: | 26 Jun 2025 06:52 |
Last Modified: | 26 Jun 2025 06:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |