Al idrus, Syarifa wahidah (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA LINGKUNGAN BERBASIS ETNOSAINS TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI LINGKUNGAN MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2139011033-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2139011033-ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB METODELOGI PENELITIAN)
2139011033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN1.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2139011033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139011033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (586kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2139011033-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul mata kuliah Kimia Lingkungan berbasis etnosains terintegrasi STEM yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi lingkungan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadapatasi model Borg and Gall. Model Borg and Gall yang digunakan delapan langkah, yaitu; (1) Research and Information Collecting, (2) Planning, (3) Develop Preliminary Form a Product, (4) product revision I, (5) Preliminary Field Testing, (6) product revision II, 7) Main field testing, dan (8) Dessemination and implementation. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 82 mahasiswa (32 mahasiswa pada skala kecil dan 50 mahasiswa pada skala besar). Validasi e-modul oleh sembilan expert (tiga dosen UNDIKSHA dan enam dosen UNRAM). Uji kepraktisan oleh enam dosen (tiga dosen UIN dan tiga dosen UNRAM). Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode, yaitu: wawancara, angket, tes dan dokumentasi pada seluruh tahapan penelitian dan pengembangan. Karakteristik e-modul diperoleh dengan menggunakan pedoman wawancara dan angket. Metode tes digunakan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis dan literasi lingkungan mahasiswa. Instrumen keterampilan berpikir kritis dan literasi lingkungan telah divalidasi dengan nilai validasi masing-masing 0,713 dan 0,778, kriteria valid. Strategi analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, adalah : (1) karakteristik e-modul yang dikembangkan berbasis teknologi melalui aplikasi canva Flip Book, Googleform; materi diinisiasi oleh etnosains masyarakat Lombok, dan materi dijabarkan mengikuti aspek STEM; (2) e-modul Kimia Lingkungan berbasis etnosains terintegrasi STEM memiliki validasi aspek konten dan integrasi etnosains dengan nilai 0,97 dengan kriteria sangat valid, hasil validasi media adalah 0,98 dengan kriteria sangat valid dan validasi kebahasaan sangat valid dengan nilai 0,91; (3) e-modul yang dikembangkan memiliki kualifikasi yang sangat praktis dalam pengujian skala kecil dan skala luas; dan (4) e-modul memiliki keefektifan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi lingkungan mahasiswa. Hasil yang diperoleh pada uji skala kecil adalah nilai n-gain score berada pada kategori sedang. Hasil uji lapangan luas, dianalisis menggunakan MANCOVA pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok mahasiswa yang menggunakan e-modul berbasis etnosains terintegrasi STEM dibandingkan dengan menggunakan modul konvensional setelah pengetahuan awal dikendalikan. Efektivitas e-modul Kimia Lingkungan berbasis etnosains terintegrasi STEM terhadap keterampilan beripikir kritis memiliki kriteria besar dengan nilai effect size 0, 784. Efektivitas e-modul Kimia lingkungan berbasis etnosains terintegrasi STEM memiliki kriteria besar dengan effect size sebesar 0,792.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, kimia lingkungan, etnosains, STEM, kemampuan berpikir kritis, literasi lingkungan. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Syarifa Wahidah Al Idrus |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 01:51 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 01:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |