Natalia, Ni Komang (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SANCA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS III SD NEGERI 3 BITERA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031449-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031449-ABSTRAK.pdf Download (825kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031449-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (816kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031449-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031449-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031449-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031449-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031449-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (498kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031449-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan rancang bangun media pembelajaran Sanca berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika materi pecahan. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Sanca berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika materi pecahan, (3) mengetahui efektivitas media pembelajaran Sanca berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika materi pecahan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis kuantitatif, dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran sanca merupakan media digital yang disusun berdasar flowchart, storyboard, isi materi, video pembelajaran, dan modul ajar. Media pembelajaran sanca menyajikan materi konsep pecahan dan penjumlahan pecahan dengan menampilkan teks, gambar, video pembelajaran, kuis yang menarik dan mudah diakses oleh siswa. (2) kelayakan media pembelajaran sanca berbasis PBL berdasarkan hasil uji materi pembelajaran mendapatkan skor 91,6% setelah direvisi, hasil uji desain pembelajaran mendapatkan skor 92,5% setelah direvisi, hasil uji media pembelajaran mendapatkan skor 95,3%, setelah direvisi, hasil uji perorangan mendapatkan skor 91,6%, hasil uji kelompok kecil mendapatkan skor 91,38%. dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat baik, serta (3) hasil uji efektivitas produk memperoleh t-hitung = 4,14 > t-tabel = 1,74 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 17 sehingga sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima yang berbunyi nilai rata-rata post-test lebih dari KKTP yang menunjukan bahwa terdapat perubahan signifikan pada hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran sanca berbasis problem based learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran sanca berbasis problem based learning efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas III.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran, PBL, Pelajaran Matematika, Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Natalia |
Date Deposited: | 17 Jul 2025 06:10 |
Last Modified: | 17 Jul 2025 06:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |