STUDI EKSPERIMEN RANCANG BANGUN PROTOTYPE AUTOBEAM PADA SEPEDA MOTOR UNTUK KESELAMATAN BERKENDARA

Aryantha, I Wayan Arsa (2025) STUDI EKSPERIMEN RANCANG BANGUN PROTOTYPE AUTOBEAM PADA SEPEDA MOTOR UNTUK KESELAMATAN BERKENDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115071012-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115071012-ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115071012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN PERUMUSAN HIPOTESIS)
2115071012-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN PERUMUSAN HIPOTESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2115071012-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115071012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
2115071012-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (263kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115071012-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menguji prototype Autobeam sebagai sistem otomatis untuk menonaktifkan lampu jarak jauh (high beam) pada sepeda motor guna meningkatkan keselamatan berkendara di malam hari. Sistem ini dirancang menggunakan mikrokontroler ESP32, sensor LDR untuk mendeteksi intensitas cahaya dari arah depan, dan relay sebagai aktuator pemutus arus lampu. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun hanya sampai tahap pengujian laboratorium. Pengujian dilakukan dalam dua kondisi, yaitu malam hari dengan penerangan jalan dan tanpa penerangan, pada jarak 50 hingga 5 meter. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mulai merespon otomatis pada jarak 10 meter, ketika intensitas cahaya mencapai 332 lux pada kondisi terang dan 420 lux pada kondisi gelap, dengan status lampu berubah dari ON menjadi OFF. Hal ini menunjukkan bahwa sistem dapat berfungsi sesuai perancangan dalam mendeteksi potensi silau dari kendaraan lawan arah. Meskipun demikian, alat masih memiliki keterbatasan seperti sudut tangkap sensor yang terbatas dan belum diuji dalam kondisi lapangan. Oleh karena itu, sistem ini masih memerlukan pengembangan lebih lanjut agar dapat digunakan secara optimal dalam aplikasi nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Autobeam, ESP32, high beam, sensor LDR, sistem otomatis.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: I Wayan Arsa Aryantha
Date Deposited: 22 Jul 2025 00:06
Last Modified: 22 Jul 2025 00:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25800

Actions (login required)

View Item View Item