PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEAM BERBANTUAN SCAFFOLDING ADAPTIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Barus, Yesi Aprilita Br (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEAM BERBANTUAN SCAFFOLDING ADAPTIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113031020-COVER.pdf

Download (771kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113031020-ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113031020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113031020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113031020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113031020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113031020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113031020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113031020-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan dan mendeskripsikan perbedaan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) berbasis STEAM berbantuan scaffolding adaptif. Jenis dan rancangan penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest with control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Singaraja, Bali. Sampel penelitian terdiri atas empat kelas, yaitu XI A, XI B, XI D, dan XI E. Kelompok kontrol dan eksperimen ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes dan non-tes. Tes diperoleh dari hasil penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa, sedangkan data non-tes diperoleh melalui angket untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan. Data analisis menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Untuk analisis statistika inferensial digunakan Multivariate Analysis of Covariance (Mancova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) berbasis STEAM berbantuan scaffolding adaptif dengan model pembelajaran berbasis proyek. Kelompok eksperimen memperoleh skor lebih tinggi dalam penguasaan konsep, berpikir kritis, dan pendapat siswa secara berurutan dengan masing-masing skor rata-ratanya sebesar 85,24; 84,70; dan 73,77. Sementara itu, kelompok kontrol memperoleh skor rata-rata sebesar 55,05; 47,09; dan 68,91.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: project-based learning, steam, scaffolding adaptif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: YESI APRILITA BR BARUS
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:27
Last Modified: 22 Jul 2025 09:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25831

Actions (login required)

View Item View Item