Mahardika, Ngurah Manik (2025) RANCANG BANGUN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM DALAM PENGELOLAAN KURSUS BAHASA INGGRIS (STUDI KASUS: ONE STEP SOLUTION (OSS) BALI). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2115091050-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2115091050-ABSTRAK.pdf Download (544kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115091050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115091050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2115091050-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115091050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (52MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115091050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115091050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (937kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2115091050-LAMPIRAN.pdf Download (28MB) |
Abstract
One Step Solution (OSS) Bali merupakan lembaga kursus nonformal yang bergerak di bidang pembelajaran bahasa Inggris. Dalam operasionalnya, OSS menghadapi beberapa kendala seperti proses penjadwalan kelas yang masih dilakukan secara manual, penyebaran materi ajar yang tidak terpusat, serta sistem evaluasi pembelajaran yang belum terintegrasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem Learning Management System (LMS) yang terpusat, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan OSS. Metode pengembangan yang digunakan adalah model Waterfall yang terdiri dari lima tahapan: analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sistem dikembangkan menggunakan framework Next.js karena mendukung performa tinggi dan desain antarmuka yang responsif. Pengujian dilakukan menggunakan metode White Box dan Black Box Testing, serta evaluasi akhir dilakukan melalui User Acceptance Testing (UAT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem LMS berhasil dikembangkan sesuai kebutuhan pengguna, dengan fitur utama seperti manajemen konten, penjadwalan kelas, absensi digital, evaluasi pembelajaran, dan pengingat otomatis melalui WhatsApp. Pengujian menunjukkan sistem berjalan tanpa bug maupun kesalahan logika, dan hasil UAT mencatat tingkat kepuasan pengguna sebesar 92,1%. Dengan demikian, sistem ini terbukti mampu meningkatkan efisiensi administrasi dan efektivitas pembelajaran di OSS secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | NGURAH MANIK MAHARDIKA |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:54 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |