PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERINTEGRASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Sukrawan, Komang Agus Ari (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERINTEGRASI GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011030-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011030-ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011030-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif terintegrasi GeoGebra untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE dan memanfaatkan Articulate Storyline 3 sebagai aplikasi utama, dengan dukungan GeoGebra, Canva, dan Freepik. Media menyajikan materi dalam bentuk teks, video, dan ruang praktikum GeoGebra yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa, dan dilengkapi kuis interaktif,serta latihan dengan umpan balik bertingkat. Subjek uji coba adalah 38 siswa kelas VII Cempaka SMP Negeri 4 Singaraja. Hasil validitas materi menunjukkan skor rata-rata 4,6 dengan kategori sangat valid sedangkan kelayakan media memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori sangat layak. Kepraktisan media berdasarkan respons guru dan siswa berturut-turut sebesar 4,80 dan 4,73, keduanya tergolong sangat praktis. Efektivitas diuji melalui analisis N-Gain dengan nilai rata-rata 0,483 menunjukkan efektivitas media dalam meningkatkan pemahaman konsep dengan kategori sedang. Karakteristik media meliputi bertemakan petualangan, mudah diakses dan fleksibel, visualisasi yang menarik, penyajian materi yang beragam, dilengkapi kuis interaktif dan latihan dengan umpan balik bertingkat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Interaktif, GeoGebra, Pemahaman Konsep, Bangun Ruang Sisi Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Komang Agus Ari Sukrawan
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:26
Last Modified: 24 Jul 2025 01:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25910

Actions (login required)

View Item View Item