PENGARUH PENGGUNAAN CHATGPT DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Suta, I Gede Ardhiarta (2025) PENGARUH PENGGUNAAN CHATGPT DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011069-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011069-ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (317kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011069-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011069-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011069-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011069-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tingkat pemahaman konsep matematika yang tergolong rendah di kalangan siswa Indonesia menjadi tantangan serius dalam dunia pendidikan. Untuk menjawab perihal ini, pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan berbasis model bahasa seperti ChatGPT menjadi opsi potensial dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, sebab teknologi ini mampu memberikan penjelasan yang interaktif, responsif, dan memberikan penyesuaian pembelajaran sesuai kemampuan setiap siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan ChatGPT dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Metodologi penelitian ini mengacu pada desain eksperimen semu dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas X di SMA Negeri 2 Mengwi pada tahun ajaran 2024-2025. Dua kelas dipilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XE sebagai kelompok eksperimen dan kelas XA sebagai kelompok kontrol. Kedua kelompok menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing di mana guru berperan sebagai fasilitator. Kedua kelompok menggunakan buku teks dalam proses pembelajaran, namun hanya kelompok eksperimen yang menggunakan ChatGPT sebagai alat bantu belajar, sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan bantuan ChatGPT. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian yang disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep. Berdasarkan hasil analisis data, dengan skor maksimum sebesar 32, rata-rata skor kelompok eksperimen adalah 26,26, lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontrol sebesar 23,97. Diperoleh nilai signifikansi 0,004 melalui uji-t independen, lebih kecil dari taraf signifikan 0,05, menunjukkan perbedaan antara kedua kelompok yang signifikan secara statistik. Dapat disimpulkan bahwa, pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan ChatGPT dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan ChatGPT dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ChatGPT, model pembelajaran inkuiri terbimbing, pemahaman konsep matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Gede Ardhiarta Suta
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:00
Last Modified: 24 Jul 2025 04:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/25961

Actions (login required)

View Item View Item