Dwiyanti, Putu Tiara (2025) KONTRIBUSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA OPEN-ENDED PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 AMLAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1913011006-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1913011006-ABSTRAK.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1913011006-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan penalaran matematis dan berpikir kritis siswa mengakibatkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah khususnya dalam meyelesaikan soal non rutin seperti soal open-ended. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kemampuan penalaran matematis dan berpikir kritis secara parsial dan simultan terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita open-ended. Jenis penelitia ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto dengan analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian terdiri atas seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Amlapura tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 338 orang. Sampel penelitan terdiri atas 102 orang peserta didik yang ditentuan dengan rumus Slovin dan dipilih melalui cluster random sampling. Data kemampuan penalaran matematis, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan menyelesaikan soal cerita open-ended dikumpulkan dengan instrumen tes. Analisis data dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kemampuan penalara matematis dan berpikir kritis terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita open-ended menggunakan bantuan software SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi kemampuan penalaran matematis dan berpikir kritis terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita open-ended secara parsial masing-masing sebesar 37,26% dan 47,34%. Selanjutnya ditemukan bahwa kemampuan penalaran matematis dan berpikir kritis terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita open-ended secara simultan sebesar 84,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis dan berpikir kritis berkontribusi terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita open-ended.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis, kemampuan menyelesaikan soal cerita open-ended, penalaran matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Tiara Dwiyanti |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 06:25 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 06:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |