PENGEMBANGAN KONTEN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH ANALISIS DESAIN DAN PECAH POLA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PRODI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA

Aroito Maulana, Mohamad Yusuf Ravi (2025) PENGEMBANGAN KONTEN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH ANALISIS DESAIN DAN PECAH POLA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PRODI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051119-COVER.pdf

Download (669kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051119-ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051119-BAB1 PENDAHULUAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051119-BAB2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051119-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051119-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051119-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051119-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051119-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Minimnya inovasi dan motivasi belajar dalam media pembelajaran yang digunakan di kelas dapat memengaruhi minat dan keterlibatan peserta didik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengembangkan konten pembelajaran interaktif berbasis Project Based Learning pada mata kuliah Analisis Desain dan Pecah Pola. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari tahapan Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media ini diharapkan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi serta membantu peserta didik memahami materi secara menarik dan menyenangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media memperoleh respon sangat baik. Uji coba perorangan dan kelompok kecil menunjukkan kategori “Sangat Baik” masing-masing sebesar 66,7% dan 80%. Uji coba lapangan dengan 33 mahasiswa menyatakan media tergolong “Sangat Valid” dan mampu meningkatkan motivasi belajar. Nilai rata-rata uji respon peserta didik adalah 68,5, sedangkan pendidik 47, keduanya termasuk kategori “Sangat Positif” dan “Sangat Praktis”. Media ini dinyatakan layak digunakan dan efektif meningkatkan pemahaman serta keterlibatan peserta didik. Kata Kunci: Analisis Desain, Pecah Pola, Project Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Desain. Pecah Pola. Project Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Mohamad Yusuf Ravi Aroito Maulana
Date Deposited: 25 Jul 2025 06:02
Last Modified: 25 Jul 2025 06:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26077

Actions (login required)

View Item View Item