PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MICROLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMK

Arimbawa, Gusti Putu Arya (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MICROLEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329071025-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329071025-ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329071025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (356kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329071025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329071025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329071025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329071025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329071025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329071025-LAMPIRAN.pdf

Download (47MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa SMK yang rendah ditunjukkan dengan prestasi belajar matematika yang rendah. Kurangnya sumber belajar dan inovasi pembelajaran matematika dengan pemanfaatan teknologi yang relevan dan mampu memfasilitasi siswa untuk belajar mandiri dapat menjadi penyebab rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas e-modul berbasis microlearning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMK, serta memberikan gambaran pembelajaran matematika berbantuan e-modul berbasis microlearning. Penelitian dan pengembangan model 4D diterapkan dengan subjek siswa SMK Dwijendra Denpasar. Instrumen non-tes dikembangkan dengan enam aspek validitas media, enam aspek validitas isi dan lima aspek validitas instruksional. Kepraktisan e-modul diukur dengan instrumen UEQ dan efektivitas e-modul diukur dengan instrumen tes berpikir kritis yang melibatkan aspek-aspek kemampuan analisis, evaluasi, dan argumentasi lanjut. Penelitian ini menghasilkan E-Modul berbasis microlearning bernama SIMPLE dengan persentase validitas media 96% dan materi 83% dengan kriteria sangat valid. E-modul ini bersifat praktis dengan rata-rata skor UEQ sebesar 2,25 – 2,48 termasuk ke dalam kategori sangat baik. Efektivitas e-modul berbasis microlearning memperoleh kriteria efektif dengan ketuntasan klasikal 83%. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa ditunjukkan dengan 72% siswa memperoleh skor gain sedang dan 28% memperoleh kriteria skor gain tinggi. Pembelajaran dengan E-Modul SIMPLE melibatkan aktivitas mencermati tujuan dan aktivitas unit pembelajaran, penyelesaian masalah pada video dan aktivitas interaktif, menyelesaikan kuis, umpan balik, diskusi, dan pemantauan progress belajar siswa. Hasil penelitian ini mendukung temuan strategi microlearning dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis. Penelitian berikutnya dapat mengembangkan e-modul berbasis microlearning yang memfasilitasi perkembangan kemampuan menyusun argumentasi lanjut peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-modul, microlearning, berpikir kritis, pembelajaran matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Gusti Putu Arya Arimbawa
Date Deposited: 27 Jul 2025 11:21
Last Modified: 27 Jul 2025 11:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26103

Actions (login required)

View Item View Item