Yudiarta, Gede Raditya Stava (2025) ENHANCING STUDENTS’ FLUENCY USING DRAMA-BASED PEDAGOGY USING ROALD DAHL’S “THE GIRAFFE, THE PELLY AND ME” FOR 9th-GRADE STUDENTS AT SMPN 5 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021199 -COVER.pdf Download (597kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021199-ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021199-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021199-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021199- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021199- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021199-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021199-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021199-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kefasihan berbicara dan kepercayaan diri siswa kelas IX SMPN 5 Singaraja dalam menggunakan bahasa Inggris, yang seringkali disebabkan oleh metode pengajaran tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan drama-based pedagogy menggunakan cerita Roald Dahl “The Giraffe, The Pelly and Me” dapat meningkatkan kefasihan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus terhadap 35 siswa kelas IX B SMPN 5 Singaraja tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test pada akhir setiap siklus, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kefasihan berbicara siswa. Skor rata-rata siswa meningkat dari 49,34 pada pre-test, menjadi 57,31 pada siklus 1, dan mencapai 65,28 pada siklus 2. Persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) juga meningkat drastis dari 17% menjadi 68,57%. Data kualitatif mengonfirmasi adanya peningkatan partisipasi aktif, kepercayaan diri, serta terciptanya suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan drama-based pedagogy yang terstruktur dengan materi sastra anak yang menarik terbukti efektif dalam meningkatkan kefasihan berbicara siswa, tidak hanya pada kemampuan teknis berbahasa tetapi juga pada aspek afektif seperti motivasi. Metode ini dapat menjadi alternatif yang sangat direkomendasikan bagi guru bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Gede Raditya Stava Yudiarta |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 00:45 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 00:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |