Purnamasari, Ade Putri (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKONTEKS ISU SOSIAL SAINS TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2323071006-COVER.pdf Download (947kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2323071006-ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323071006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (657kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323071006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2323071006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323071006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2323071006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323071006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (470kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2323071006-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan literasi sains dan kemampuan argumentasi ilmiah antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berkonteks isu sosial sains dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu dengan rancangan pre-test post-test non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sidemen Tahun Pelajaran 2024/2025 sebanyak 233 siswa. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol dengan jumlah 132 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes literasi sains dalam bentuk pilihan ganda dan tes kemampuan argumentasi ilmiah dalam bentuk uraian. Hasil uji reliabilitas tes literasi sains diperoleh nilai 0,872 (sangat tinggi) dan tes kemampuan argumentasi ilmiah diperoleh nilai 0,830 (sangat tinggi). Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh hasil literasi sains pada kelas PBL SSI (M=75,09, Std=12,41) dibandingkan kelas PBL (M=63,09, Std=12,41). Peningkatan signifikan pada hasil kemampuan argumentasi ilmiah pada kelas PBL SSI (M=72,42, Std=8,31) dibandingkan kelas PBL (M=64,12, Std=11,03). Berdasarkan analisis uji MANCOVA dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh hasil, yaitu: (1) terdapat perbedaan literasi sains dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berkonteks isu sosial sains dengan model pembelajaran berbasis masalah (F=77,027; p<0,05), (2) terdapat perbedaan literasi sains yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berkonteks isu sosial sains dengan model pembelajaran berbasis masalah. (F=104,990; p<0,05), (3) terdapat perbedaan kemampuan argumentasi ilmiah siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berkonteks isu sosial sains dengan model pembelajaran berbasis masalah. (F=62,876; p<0,05). Hasil ini mengonfirmasi bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berkonteks isu sosial sains mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Implikasi penelitian ini mendukung penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berkonteks isu sosial sains sebagai model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan literasi sains dan kemampuan argumentasi ilmiah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah berkonteks isu sosial sains, model pembelajaran berbasis masalah, literasi sains dan kemampuan argumentasi ilmiah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ade Putri Purnamasari |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 22:55 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 22:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |