PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS STEM TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

Akyuni, Desy (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS STEM TERHADAP LITERASI SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2223071011-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2223071011-ABSTRAK.pdf

Download (620kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2223071011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2223071011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENDIDIKAN)
2223071011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2223071011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2223071011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2223071011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2223071011-LAMPIRAN.pdf

Download (29MB)

Abstract

ABSTRAK Akyuni, Desy. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Proyek Berbasis STEM Terhadap Literasi Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Tesis, Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof.Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si., dan Pembimbing II: Dr. I Nyoman Tika, M.Si. Kata-kata kunci: Pembelajaran Proyek, STEM, Literasi Sains, Kemampuan Berpikir Kreatif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran proyek berbasis STEM terhadap literasi sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII dalam pembelajaran IPA. Pendekatan yang digunakan adalah kuasi- eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Singojuruh tahun ajaran 2024/2025. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran proyek berbasis STEM) dan kelas kontrol (menggunakan model pembelajaran langsung), masing-masing berjumlah 39 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes literasi sains dalam bentuk pilihan ganda berdasarkan indikator PISA, serta tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk uraian berdasarkan indikator Torrance (kelancaran, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi). Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan secara simultan antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran proyek berbasis STEM dan kelompok yang menggunakan pembelajaran langsung terhadap literasi sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Secara khusus, siswa dalam kelompok eksperimen menunjukkan rata-rata skor literasi sains sebesar 17,26 dan kemampuan berpikir kreatif sebesar 32,77, lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol yang masing-masing memperoleh skor rata-rata 15,90 dan 30,69. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran proyek berbasis STEM lebih efektif dalam meningkatkan literasi sains dan berpikir kreatif siswa. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya penerapan model pembelajaran inovatif yang bersifat kontekstual dan interdisipliner untuk mendorong penguasaan kompetensi abad ke-21.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Proyek, STEM, Literasi Sains, Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Learning, STEM, Science Literacy, Creative Thinking Skills.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Desy Akyuni
Date Deposited: 26 Jul 2025 15:12
Last Modified: 26 Jul 2025 15:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26150

Actions (login required)

View Item View Item