Yudiariana, yudi (2025) Pengembangan Website Bahasa Isyarat Berorientasi Neurofeedback untuk Meningkatkan Numerasi Siswa Tunarungu di SD Negeri 2 Bengkala. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111021022-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111021022-ABSTRAK.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111021022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111021022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2111021022-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL & PEMBAHASAN)
2111021022-BAB 4 HASIL & PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111021022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111021022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111021022-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari proyek ini adalah untuk membuat situs web yang berfokus pada neurofeedback untuk mempelajari matematika dalam bahasa isyarat yang akan membantu anak-anak tuna rungu menjadi lebih berhitung. Studi ini menggunakan pendekatan ADDIE untuk penelitian dan pengembangan (R&D). Enam murid tuna rungu di kelas inklusif di Sekolah Dasar Bengkala 2 menjadi subjek. Tiga ahli materi, ahli desain, dan ahli media melakukan validasi produk. Kuesioner untuk validasi ahli, uji kelayakan siswa, dan penilaian numerasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Validitas dan kelayakan media dievaluasi menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dan kemampuan media untuk meningkatkan numerasi siswa diuji menggunakan analisis statistik inferensial. Menurut temuan studi, (1) para ahli menganggap situs web pembelajaran bahasa isyarat berorientasi neurofeedback sah; (2) hasil siswa dari uji kelayakan menunjukkan bahwa situs web tersebut layak; dan (3) peningkatan skor pasca-tes menunjukkan bahwa situs web tersebut berhasil dalam meningkatkan numerasi siswa tuna rungu. Oleh karena itu, dalam lingkungan inklusif, media ini dapat digunakan sebagai opsi pembelajaran numerasi yang dapat disesuaikan untuk siswa tunarungu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Website Pembelajaran, Bahasa Isyarat, Neurofeedback, Numerasi, Siswa Tunarungu |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Ketut Merta Yudi Ariana |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 07:23 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 07:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |