Azzaroiha, Cantik (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi Pendekatan STEAM Berbantuan Scaffolding Adaptif Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Prestasi Akademik Peserta Didik SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2323071010-COVER.pdf Download (413kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2323071010-ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323071010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323071010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323071010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (638kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323071010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2323071010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323071010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2323071010-LAMPIRAN.pdf Download (24MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain nonequivalent Pretest-posttest control group design yang bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perbedaan secara simultan keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan prestasi akademik peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran proyek terintegrasi STEAM berbantuan scaffolding adaptif dan model PBL, (2) perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran proyek terintegrasi STEAM berbantuan scaffolding adaptif dan model PBL, (3) perbedaan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran proyek terintegrasi STEAM berbantuan scaffolding adaptif dan model PBL, dan (4) perbedaan prestasi akademik peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran proyek terintegrasi STEAM berbantuan scaffolding adaptif dan model PBL. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 80 peserta didik kelas VIII dari dua kelas di MTs Guntur Nusantara. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan berpikir kritis, tes keterampilan berpikir kreatif, dan tes prestasi akademik. Data dianalisis menggunakan Multivariate Analysis of Covariance (MANCOVA). Uji hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5% setelah melalui uji asumsi yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas varian, uji homogenitas varian kovarian, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji homogenitas kemiringan garis regresi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh temuan bahwa: (1) terdapat perbedaan secara simultan keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan prestasi akademik antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran pada kelas kontrol dan eksperimen, (2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara kelompok pada kelas kontrol dan eksperimen, (3) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara kelompok pada kelas kontrol dan eksperimen, dan (4) terdapat perbedaan prestasi akademik antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran proyek terintegrasi STEAM berbantuan scaffolding adaptif dan model PBL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Proyek STEAM Scaffolding Adaptif Problem Based Learning (PBL) Keterampilan Berpikir Kritis Keterampilan Berpikir Kreatif Prestasi Akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Cantik Azzaroiha |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:18 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26296 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |