THE EFFECT OF PROJECT-BASED LEARNING ACTIVITIES ON A-GRADE STUDENTS’ ENGLISH LEARNING ENGAGEMENT AND ACHIEVEMENT AT SMPN 1 KEDIRI TABANAN

Kharisma, I Made Duta (2025) THE EFFECT OF PROJECT-BASED LEARNING ACTIVITIES ON A-GRADE STUDENTS’ ENGLISH LEARNING ENGAGEMENT AND ACHIEVEMENT AT SMPN 1 KEDIRI TABANAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329081005-COVER.pdf

Download (392kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329081005-ABSTRAK.pdf

Download (364kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329081005-BAB1 PENDAHULUAN.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329081005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329081005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329081005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329081005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329081005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329081005-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian saat ini difokuskan pada pengujian implementasi kegiatan pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterlibatan belajar siswa dan prestasi belajar di SMPN 1 Kediri, Tabanan, Bali. Pendekatan Mix-Method diadaptasi dengan menggunakan desain Explanatory Sequential Design. Ada 62 siswa kelas delapan yang terlibat sebagai sampel penelitian. Mereka dipilih dengan menggunakan cluster random sampling yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen. Data dikumpulkan dari tes, survei kuesioner, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah penilaian rubrik berbicara dan menulis, kuesioner tertutup, dan panduan wawancara. Data kuantitatif dianalisis melalui statistik inferensial yaitu analisis MANOVA sedangkan data kualitatif dengan mengadaptasi Analisis Data Kualitatif dari Miles dkk., (2014).Analisis kualitatif ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran berbasis proyek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan dan prestasi belajar siswa serta implementasinya mendapatkan respon positif oleh siswa. Hasil penelitian ini memberikan implikasi pada pedagogi guru dalam mengajar bahasa Inggris melalui implementasi aktivitas – aktivitas berbasis project-based learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: aktivitas pembelajaran proyek, partisipasi, pencapaian, persepsi,
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: I Made Duta Kharisma
Date Deposited: 30 Jul 2025 10:59
Last Modified: 30 Jul 2025 10:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26326

Actions (login required)

View Item View Item