THE USE OF DRILLING TECHNIQUE INTEGRATED WITH TECHNOLOGY TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SD NEGERI 5 LES

Dewi, Purwakaluh Sri Tantra Kharisma (2025) THE USE OF DRILLING TECHNIQUE INTEGRATED WITH TECHNOLOGY TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SD NEGERI 5 LES. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112021165-COVER.pdf

Download (877kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021165-ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021165-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021165-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2112021165-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021165-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021165-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021165-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021165-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini didorong oleh masalah di kelas, yaitu rendahnya tingkat penguasaan kosakata di kalangan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan kosakata dengan menerapkan teknik drilling yang dipadukan dengan teknologi, serta menentukan respons siswa terhadap implementasinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas III di SD Negeri 5 Les. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kosakata dan wawancara siswa. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa penggunaan teknik drilling yang terintegrasi dengan teknologi dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor tes kosakata siswa—dari rata-rata 41,42 pada Pre-test menjadi 68,45 pada Siklus 1, dan selanjutnya menjadi 86,72 pada Siklus 2, di mana semua siswa melampaui Kriteria Kemampuan Minimum (KKTP). Selain itu, semua siswa melaporkan bahwa penggunaan latihan berulang berbasis teknologi menyenangkan, meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berbicara, dan membantu dalam penguasaan kosakata. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan latihan berulang yang didukung teknologi secara efektif meningkatkan penguasaan kosakata di kalangan siswa kelas tiga di SD Negeri 5 Les.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Kosakata, Teknik Drilling, Integrasi Teknologi, Video Kosakata.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: purwakaluh sri tantra kharisma dewi
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:43
Last Modified: 31 Jul 2025 02:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26352

Actions (login required)

View Item View Item