IMPLIKATUR DALAM TUTURAN ALFIANSYAH KOMENG DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT

Januarta, Anak Agung Gede Aditya (2025) IMPLIKATUR DALAM TUTURAN ALFIANSYAH KOMENG DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112011038-COVER.pdf

Download (931kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112011038-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112011038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2112011038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011038-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112011038-LAMPIRAN.pdf

Download (832kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan makna implikatur dalam tuturan Alfiansyah Komeng yang mengandung unsur sindiran, serta relevansinya dengan pembelajaran teks anekdot di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data dokumentasi dan simak, dan teknik catat. Dari sepuluh video yang dianalisis ditemukan 24 data tuturan implikatur yang mengandung sindiran, didominasi oleh tuturan langsung tidak literal dan tuturan tidak langsung tidak literal. Makna implikatur yang muncul umumnya berupa sindiran halus terhadap isu sosial, disampaikan dengan gaya humor yang khas. Tuturan tersebut mencerminkan ciri teks anekdot, yaitu unsur lucu, sindiran, dan pesan moral. Hasil penelitian ini relevan dengan capaian pembelajaran Bahasa Indonesia dan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sumber belajar yang kontekstual dan menarik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, memahami makna implisit, dan keterampilan berbahasa peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bentuk dan makna, implikatur, teks anekdot
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Anak Agung Gede Aditya Januarta
Date Deposited: 03 Aug 2025 03:36
Last Modified: 03 Aug 2025 03:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26431

Actions (login required)

View Item View Item