Rizkiawati, Hernandini (2025) Investigating Readiness and Satisfaction of Students and Teachers in Utilizing ChatGPT for English Instruction at SMK Negeri 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112021098-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021098-ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021098-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021098-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021098-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021098-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021098-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021098-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (521kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021098-LAMPIRAN.pdf Download (845kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji kesiapan dan kepuasan siswa serta guru Bahasa Inggris di SMK Negeri 1 Singaraja dalam memanfaatkan ChatGPT untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Desain penelitian yang digunakan adalah mixed-methods eksplanatori sekuensial, dengan melibatkan 326 siswa yang dipilih melalui stratified sampling dan tujuh guru Bahasa Inggris melalui total sampling. Kesiapan diukur menggunakan kuesioner yang diadaptasi dari instrumen pengukuran kesiapan oleh Aydin dan Tasci (2005), sedangkan kepuasan dieksplorasi menggunakan panduan wawancara. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif, sementara data kualitatif dianalisis dengan analisis tematik. Temuan menunjukkan bahwa baik siswa maupun guru berada dalam kategori “siap namun perlu peningkatan” hingga “siap”. Siswa menunjukkan motivasi dan kepercayaan diri yang kuat dalam menggunakan ChatGPT, namun menghadapi tantangan dalam hal pembelajaran mandiri dan kontrol diri. Guru menunjukkan kesiapan, terutama dalam aspek motivasi dan kemandirian, namun menekankan perlunya pelatihan profesional dan dukungan institusional. Analisis tematik menunjukkan kepuasan terhadap fleksibilitas dan kegunaan ChatGPT, meskipun terdapat kekhawatiran terkait ketergantungan yang berlebihan dan berkurangnya interaksi manusia. Studi ini menyimpulkan bahwa integrasi ChatGPT secara efektif dalam pendidikan Bahasa Inggris di SMK memerlukan implementasi yang seimbang, pengembangan profesional berkelanjutan, dan komitmen institusi untuk meningkatkan kesiapan dan kepuasan. Penelitian selanjutnya perlu mengeksplorasi dampak jangka panjang dari integrasi ChatGPT di berbagai konteks pendidikan vokasi. Kata Kunci: ChatGPT, EFL, Kesiapan, Kepuasan, Pendidikan Kejuruan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ChatGPT, EFL, Kesiapan, Kepuasan, Pendidikan Kejuruan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Hernandini Rizkiawati |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:06 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |