PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK PENGENALAN MUSIK TRADISIONAL DENGAN DUKUNGAN VALIDASI SOAL BERBASIS CONVLSTM

Sentana, I Gede Risva Darma (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK PENGENALAN MUSIK TRADISIONAL DENGAN DUKUNGAN VALIDASI SOAL BERBASIS CONVLSTM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115101066-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115101066-ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115101066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (325kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115101066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2115101066-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115101066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115101066-PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115101066-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115101066-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menurunnya minat generasi muda terhadap musik tradisional Indonesia melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) merancang dan membangun game edukasi “Harmoni Nusantara” untuk pengenalan gamelan Bali; (2) mengimplementasikan algoritma Convolutional Long Short-Term Memory (ConvLSTM) untuk klasifikasi audio guna mendukung validasi soal otomatis; dan (3) mengevaluasi kualitas serta usability game. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan memanfaatkan Metode Agile. Game dikembangkan menggunakan Unity dan model ConvLSTM dilatih menggunakan dataset dengan variasi panjang audio (10 dan 20 detik) untuk mengklasifikasikan lima jenis gamelan Bali, didukung aplikasi web Streamlit untuk validasi soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi “Harmoni Nusantara” berhasil dibangun sesuai rancangan fungsional. Implementasi model Convolutional Long Short-Term Memory (ConvLSTM) untuk klasifikasi audio gamelan Bali, yang memanfaatkan kombinasi fitur MFCC, Chroma, dan Spectral Contrast, menunjukkan performa terbaik pada dataset dengan segmen audio 10 detik, mencapai akurasi validasi sebesar 75%. Model ini menjadi inti dari sistem pendukung validasi soal yang diimplementasikan pada aplikasi web terpisah. Pengujian kelayakan media oleh ahli, menggunakan kerangka ISO 9241-11, menyimpulkan aplikasi game (88%) dan web (91%) “Sangat Layak”. Validitas konten yang diukur dengan Formula Gregory menunjukkan kesepakatan ahli yang sempurna (V=1.00). Pengujian usability melalui User Experience Questionnaire (UEQ) terhadap 30 responden menghasilkan skor “Excellent” pada semua aspek utama. Disimpulkan bahwa “Harmoni Nusantara” adalah media pembelajaran yang valid dan fungsional, di mana penerapan ConvLSTM terbukti efektif sebagai teknologi pendukung dalam proses pembuatan konten edukasi audio yang kompleks.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Gamelan Bali, ConvLSTM, Klasifikasi Audio.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Ilmu Komputer (S1)
Depositing User: I Gede Risva Darma Sentana
Date Deposited: 10 Aug 2025 06:00
Last Modified: 10 Aug 2025 06:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26723

Actions (login required)

View Item View Item