Dualisme Karakter Mahabharata sebagai Narasi Visual Karya Seni Prasi

Mahardikha, I Gede Agustawan Dwi (2025) Dualisme Karakter Mahabharata sebagai Narasi Visual Karya Seni Prasi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2112031024-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112031024-ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112031024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112031024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112031024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112031024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112031024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112031024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112031024-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mahabrata sering dipandang hitam-putih, dengan Pandawa sebagai figur yang sempurna dan Kurawa yang penuh kesalahan. Namun dengan wajah manusiawi yang paradoksal, karakter seperti Yudistira, Bima, Arjuna, Karna, Duryudhana dan mengandung kebaikan sekaligus kekurangan. Melalui kerangka filosofi bali yaitu Rwa Bhineda serta konsep dualisme seperti Yin -Yang, penelitian ini bertujuan untuk menampilkan sisi terang dan gelap mereka. Dengan metode kualitatif deskriptif dan model Design & Development, peneliti merancang enam karya prasi pada daun lontar berukuran (50x50 cm juga 110x40 cm) menggunakan teknik Lenticullar Optical Illusion. Setiap panel menonjolkan sisi kiri yang menggambarkan ambisi, ego dan impulsif sedangkan sisi kanan yang mencerminkan kebajikan, pengendalian diri, tanggung jawab. Prosesnya melibatkan identifikasi karakter, sketsa, toreh tradisional, pewarna alami, evaluasi dari dosen dan perupa. Hasilnya adalah visual yang menyatu antara narasi klasik dan interpretasi modern, mengundang penonton memahami kompleksitas moral dibalik cerita heroik. Pada temuan ini menegaskan bahwa tiap karakter bukan sosok sempurna tanpa cela, tetapi manusia penuh kontradiksi yang relevan dalam budaya Bali dan upaya pelestarian seni prasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: dualisme karakter, mahabrata, prasi, rwa bhineda
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Seni dan Desain > Program Studi Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: I Gede Agustawan Dwi Mahardikha
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:20
Last Modified: 11 Aug 2025 01:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26728

Actions (login required)

View Item View Item