Dendriani, Kadek Wiwin (2025) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY (AR) PENGENALAN OBJEK BERSEJARAH DI KAWASAN SITUS TAMBLINGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2115051071-COVER.pdf Download (747kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2115051071-ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051071-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115051071-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115051071-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051071-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051071-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051071-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2115051071-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tamblingan merupakan kawasan wisata yang tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga merupakan kawasan suci yang menyimpan warisan arkeologis yang sangat berharga. Oleh sebab itu upaya untuk memperkenalkan objek-objek bersejarah di kawasan situs Tamblingan terus dilakukan. Namun, tantangan yang dihadapi adalah keterbatasan penyebaran informasi objek bersejarah dan karakteristik objek bersejarah yang tidak dapat diakses secara bebas. Oleh karena itu, penting untuk memberikan solusi berupa pengembangan media informasi yang menarik dan informatif. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan produk berupa aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai media pengenalan objek bersejarah di kawasan situs Tamblingan serta mengetahui respon pengguna terhadap produk aplikasi AR ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) sebagai pedoman yang sistematis untuk mengembangkan produk multimedia dengan tahapan yang terdiri dari Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Respon pengguna terhadap produk aplikasi ini menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) yang mengandung dari enam aspek penilaian berupa Attractiveness, Efficiency, Perspicuity, Dependability, Stimulation dan Novelty. Hasil penelitian pengembangan ini berupa aplikasi mobile AR dengan sistem operasi Android bernama ARkeologi Tamblingan yang telah melalui pengujian yakni uji ahli isi dengan skor 1,00 yang termasuk ke dalam kriteria “Sangat Valid” dan uji ahli media dengan skor 1,00 dengan kriteria “Sangat Valid” serta uji respon pengguna dengan UEQ memperoleh hasil “Excellent” pada semua aspek penilaian. Dengan demikian, pengembangan produk aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai media pengenalan objek bersejarah di kawasan situs Tamblingan memperoleh hasil yang valid dengan respon positif sehingga layak digunakan secara luas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality (AR), Objek Sejarah Situs Tamblingan, R&D, MDLC, UEQ. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Kadek Wiwin Dendriani |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:04 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |