Riantika, Devanny Anggun (2025) PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE BIMBINGAN KONSELING SMA NEGERI 2 AMLAPURA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1815091042-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1815091042-ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815091042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815091042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1815091042-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang user interface (UI) aplikasi mobile bimbingan konseling yang digunakan oleh guru dan siswa di SMA Negeri 2 Amlapura. Masalah utama yang ditemukan adalah rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan konseling karena stigma negatif terhadap guru BK dan sistem layanan manual yang tidak efisien. Untuk itu, metode Design Thinking digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan menghasilkan solusi berbasis pendekatan human-centered. Proses desain melibatkan lima tahap yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil rancangan UI diuji menggunakan pendekatan Usability tesing berdasarkan standar ISO 9241-11 dengan tiga indikator yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Evaluasi dilakukan melalui pengujian SUS (System Usability Scale) dengan hasil skor 85,5 yang menunjukkan tingkat kepuasan sangat baik, serta kuesioner UEQ yang menunjukkan pengalaman pengguna berada pada kategori positif. Penelitian ini menghasilkan Prototype aplikasi mobile yang dapat menjadi solusi praktis dalam optimalisasi layanan BK di sekolah menengah atas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | antarmuka pengguna, bimbingan konseling, aplikasi mobile, design thinking, pengujian usability |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Devanny Anggun Riantika |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 00:07 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 00:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26772 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |