PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE BIMBINGAN KONSELING SMA NEGERI 2 AMLAPURA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Riantika, Devanny Anggun (2025) PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI MOBILE BIMBINGAN KONSELING SMA NEGERI 2 AMLAPURA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815091042-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815091042-ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (184kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815091042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815091042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091042-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091042-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815091042-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang user interface (UI) aplikasi mobile bimbingan konseling yang digunakan oleh guru dan siswa di SMA Negeri 2 Amlapura. Masalah utama yang ditemukan adalah rendahnya minat siswa dalam memanfaatkan layanan bimbingan konseling karena stigma negatif terhadap guru BK dan sistem layanan manual yang tidak efisien. Untuk itu, metode Design Thinking digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan menghasilkan solusi berbasis pendekatan human-centered. Proses desain melibatkan lima tahap yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil rancangan UI diuji menggunakan pendekatan Usability tesing berdasarkan standar ISO 9241-11 dengan tiga indikator yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Evaluasi dilakukan melalui pengujian SUS (System Usability Scale) dengan hasil skor 85,5 yang menunjukkan tingkat kepuasan sangat baik, serta kuesioner UEQ yang menunjukkan pengalaman pengguna berada pada kategori positif. Penelitian ini menghasilkan Prototype aplikasi mobile yang dapat menjadi solusi praktis dalam optimalisasi layanan BK di sekolah menengah atas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: antarmuka pengguna, bimbingan konseling, aplikasi mobile, design thinking, pengujian usability
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Devanny Anggun Riantika
Date Deposited: 12 Aug 2025 00:07
Last Modified: 12 Aug 2025 00:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26772

Actions (login required)

View Item View Item