Data, I Gede Teguh Arya Mahendra (2025) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AUTHENTIC PROBLEM INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMAN BALI MANDARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113041021-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113041021-ABSTRAK.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113041021-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bernalar kritis peserta didik antara kelompok yang dibelajarkan dengan strategi Authentic Problem Inquiry (API) dan Project-Based Learning (PjBL), perbedaan kedua strategi tersebut setelah mengontrol kemampuan awal (pretest), serta untuk mengetahui besar pengaruh strategi API terhadap kemampuan bernalar kritis. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari dua kelas X di SMAN Bali Mandara yang dipilih menggunakan teknik intact group sampling, yaitu satu kelas sebagai kelompok eksperimen (strategi API) dan satu kelas sebagai kelompok kontrol (strategi PjBL). Instrumen yang digunakan berupa tes uraian berdasarkan indikator bernalar kritis dalam dimensi Profil Pelajar Pancasila. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bernalar kritis pada kelas ekperimen yang dibelajarkan dengan strategi Authentic Problem Inquiry (API) memiliki rerata N-Gain sebesar 0,71 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan Project-Based Learning (PjBL) sebesar 0,43 (kategori sedang). Uji ANCOVA menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua strategi terhadap kemampuan bernalar kritis setelah mengontrol pretest (sig = 0,041 < 0,05). Nilai Partial Eta Squared sebesar 0,074 menunjukkan besaran pengaruh strategi pembelajaran tergolong sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Authentic Problem Inquiry, Bernalar Kritis, N-Gain, ANCOVA, Partial Eta Squared |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | I Gede Teguh Arya Mahendra Data |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:28 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |