Paramita, Putu Yulia (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERMUATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS VII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2323011013-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2323011013-ABSTRAK.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2323011013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2323011013-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Etnomatematika merupakan kajian yang mengintegrasikan konsep-konsep matematikan ke dalam nilai-nilai budaya sehingga menciptakan proses pembelajaran yang lebih kontekstual dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik e-modul bermuatan etnomatematika yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan keaktifan peserta didik kelas VII, dan (2) mengetahui langkah-langkah pembelajaran menggunakan e-modul bermuatan etnomatematika yang valid, praktis tersebut. Penelitian ini adalah penelitian desain dengan menggunakan prosedur penelitian Plomp yang terdiri dari 3 fase, yaitu preliminary reseach, prototyping, dan assessment. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Busungbiu. Validitas e-modul yang dikembangkan diukur menggunakan lembar validasi e-modul yang diisi oleh dua orang validator. Kepraktisan diukur menggunakan lembar keterlaksanaan, angket respon guru, dan angket respon peserta didik yang diisi oleh guru dan peserta didik. Keefektifan diukur menggunakan tes pemecahan masalah dan angket keaktifan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) e-modul bermuatan etnomatematika yang dikembangkan telah memenuhi kualitas valid dengan skor rata-rata 3,40 dan tergolong sangat valid, (2) tingkat kepraktisan e-modul dilihat dari skor rata-rata angket kepraktisan yang diisi oleh guru dan peserta didik pada tahap uji coba terbatas, uji lapangan I dan II dengan skor rata-rata lembar keterlaksanaan berturut-turut 3,22; 3,42; dan 3,53 (sangat praktis), skor rata-rata angket respon siswa berturut-turut 3,27; 3,48; dan 3,61 (sangat praktis), dan skor rata-rata angket respon guru berturut-turut 3,40; 3,53; dan 3,73 (sangat praktis), (3) efektif meningkatkan keaktifan belajar dengan skor rata-rata berturut-turut 79,54 dan 85,15 (sangat tinggi), dan (4) efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan skor rata-rata berturut-turut 76,43 dan 81,63 (baik) dan lebih dari 75% subjek penelitian telah memenuhi kriteria baik. Karakteristik e-modul bermuatan etnomatematika yang dikembangkan adalah (1) berbasis etnomatematika Bali, (2) mengkontruksi konsep perbandingan melalui pengalaman budaya, (3) interaksi berbasis digital, (4) pendekatan pada projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), materi dapat didowload dan diakses dimana saja, dan (5) materi dapat didowload dan diakses dimana saja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | etnomatematika, e-modul interaktif, pemecahan masalah matematika, keaktifan belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Putu Yulia Paramita |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:45 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 06:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26857 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |