Adipranata, Komang Yogi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL MANIPULATIVE PADA MATERI FAKTA DASAR PENGURANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA DI KELAS INKLUSI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031140-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031140-ABSTRAK.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031140-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031140-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (685kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031140-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031140-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031140-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031140-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031140-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa di kelas III inklusi khususnya pada pembelajaran matematika, serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Virtual Manipulative pada materi fakta dasar pengurangan untuk meningkatkan motivasi siswa di kelas III inklusi, (2) mengkaji kevalidan dari media pembelajaran berbasis Virtual Manipulative pada materi fakta dasar pengurangan untuk meningkatkan motivasi siswa di kelas III inklusi, (3) mengkaji kepraktisan dari media pembelajaran berbasis Virtual Manipulative pada materi fakta dasar pengurangan untuk meningkatkan motivasi siswa di kelas III inklusi. dan, (4) mengkaji efektivitas dari media pembelajaran berbasis Virtual Manipulative pada materi fakta dasar pengurangan untuk meningkatkan motivasi siswa kelas III inklusi. Model ADDIE terdiri dari lima tahap yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi yang digunakan dalam studi pengembangan ini. Subjek uji coba penelitian ini merupakan media pembelajaran Berbasis Virtual Manipulative pada Materi Fakta Dasar Pengurangan untuk Meningkatkan Motivasi Siswa di Kelas Inklusi sedangkan objek uji coba penelitian ini adalah validitas, kepraktisan dan efektivitas media pembelajaran Berbasis Virtual Manipulative. Alat pengumpulan data berupa angket dan lembar skala penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memiliki tingkat validitas sangat tinggi dengan nilai Aiken’s V sebesar 1,00 dari kedua ahli, sehingga dinyatakan valid secara isi dan desain. Dari aspek kepraktisan, penilaian guru menunjukkan persentase sebesar 98%, dan penilaian siswa sebesar 87%, keduanya dalam kategori “baik”, menandakan media mudah digunakan dan menarik. Hasil uji efektivitas menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat peningkatan signifikan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Virtual Manipulative ini valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika, khususnya pada materi pengurangan di kelas III sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Virtual Manipulative, Pengurangan, Motivasi Belajar, Kelas Inklusi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Yogi Adipranata |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 05:05 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 05:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |