Analisis Metode Covarian Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) dan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) pada Data Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Program R

Nita Pertiwi, Ni Kadek (2025) Analisis Metode Covarian Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) dan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) pada Data Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dengan Program R. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813101004_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813101004_ABSTRAK.pdf

Download (533kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813101004_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813101004_BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813101004_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813101004_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813101004_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813101004_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813101004_LAMPIRAN.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan efisiensi dari dua metode pemodelan persamaan struktural (SEM). SEM atau pemodelan persamaan struktural adalah teknik analisis statistik yang digunakan untuk menguji dan menganalisis hubungan antarvariabel yang kompleks. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode SEM yaitu Covariance-Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) dan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) pada data kemampuan pemecahan masalah siswa. CB-SEM adalah metode analisis multivariat yang digunakan untuk menguji model teoritis yang telah dikembangkan secara kuat yang berfokus pada pengujian hipotesis dan konfirmasi teori. PLS-SEM adalah metode analisis multivariat yang bersifat non-parametrik dan prediktif yang pendekatannya berfokus pada prediksi. Variabel endogen yang terlibat dalam model adalah kemampuan komunikasi matematis dan literasi teknologi yang diduga memengaruhi kemampuan pemecahan masalah. Analisis dilakukan menggunakan bantuan program R untuk pengujian dengan memanfaatkan paket-paket yang relevan. Efektivitas diukur berdasarkan kecocokan model, kekuatan prediksi, dan signifikansi parameter, sementara efisiensi dievaluasi dari segi kemudahan implementasi, waktu komputasi, dan penanganan asumsi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan metode SEM yang paling sesuai sangat bergantung pada karakteristik data dan tujuan penelitian. Analisis dengan kedua metode menunjukkan bahwa PLS-SEM lebih unggul dalam menangani data non-normal dan model yang kompleks, serta memberikan hasil yang lebih stabil untuk tujuan prediksi sedangkan CB-SEM lebih cocok untuk pengujian teori dan konfirmasi model. Analisis ini memberikan wawasan tentang penggunaan masing-masing metode lebih tepat digunakan berdasarkan karakteristik data dan tujuan penelitian. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi peneliti dalam memilih metode SEM yang paling sesuai untuk analisis data pendidikan, khususnya terkait kemampuan pemecahan masalah siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CB-SEM, PLS-SEM, Kemampuan Pemecahan Masalah, Program R, Efektivitas, Efisiensi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1)
Depositing User: Ni Kadek Nita Pertiwi
Date Deposited: 13 Aug 2025 08:27
Last Modified: 13 Aug 2025 08:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26948

Actions (login required)

View Item View Item