PENGEMBANGAN GAME SATUA BALI “I LUBDAKA” SEBAGAI SARANA PELESTARIAN SATUA BALI DAN AKSARA BALI

Putra, I Gede Arya Yasoda (2025) PENGEMBANGAN GAME SATUA BALI “I LUBDAKA” SEBAGAI SARANA PELESTARIAN SATUA BALI DAN AKSARA BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2015051090-COVER.pdf

Download (570kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2015051090-ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015051090-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015051090-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2015051090-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015051090-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2015051090-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015051090-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2015051090-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena yakni eksistensi budaya bali yakni satua bali serta aksara bali dimasyarakat bali khususnya generasi muda mulai memudar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media atau sarana dengan kecanggihan teknologi khususnya teknologi digital sebagai sarana pendukung upaya pelestarian budaya. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian dan pengembangan, dengan menggunakan model pengembangan GDLC atau Game Development Life Cycle. Dari penelitian ini, didapat hasil yakni terciptanya aplikasi game yang mengadopsi materi dari satua atau cerita yakni satua I Lubdaka serta juga materi Aksara Bali. Selain itu hasil pengujian yang dilakukan didapat bahwa (1) White box dan Black box testing dengan hasil Seluruh fungsi dalam aplikasi berjalan sesuai harapan, (2) Uji Ahli Isi dengan hasil validitas Sangat Tinggi, (3) Uji Ahli Media serta dengan hasil validitas Sangat Tinggi (4) Uji Respon Pengguna dengan hasil yang tergolong kategori Sangat Positif dengan Kualifikasi Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game, Satua Bali, Aksara Bali, GDLC (Game Development Life Cycle), R&D (Research and Development).
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I GEDE ARYA YASODA PUTRA
Date Deposited: 17 Nov 2025 00:34
Last Modified: 17 Nov 2025 00:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27279

Actions (login required)

View Item View Item