PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS GANTI KERUGIAN TERKAIT PEMBATALAN DAN KOMPENSASI KETERLAMBATAN PENGANGKUTAN PENUMPANG MASKAPAI PENERBANGAN

Damayanthi, Ni Made Risma (2025) PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS GANTI KERUGIAN TERKAIT PEMBATALAN DAN KOMPENSASI KETERLAMBATAN PENGANGKUTAN PENUMPANG MASKAPAI PENERBANGAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114101123-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114101123-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114101123-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114101123-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114101123-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114101123-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114101123-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114101123-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114101123-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui siapa pihak yang bertanggungjawab terkait kerugian konsumen atas keterlambatan dan pembatalan antara pihak penerbangan dengan pihak maskapai (2) Untuk mengetahui bagaimana bentuk tanggung jawab atas kerugian konsumen dalam pemberian ganti kerugian maupun kompensasi atas keterlambatan dan pembatalan pihak maskapai. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan sifat penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menggali kerangka normatif dan teknik studi dokumen. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan secara deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen, maka kewajiban yang melekat pada Pelaku Usaha adalah memberikan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya, artinya jika terjadi keterlambatan atau pembatalan pesawat, maka tanggung jawab pelaku usaha adalah memberikan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian atas tiket yang telah dibeli oleh konsumen. Hadirnya berbagai aturan yang melindungi konsumen tidak dimaksudkan untuk mematikan usaha para pelaku usaha, justru perlindungan konsumen dapat mendorong iklim berusaha yang sehat sehingga akan menjadi pemacu lahirnya perusahaan yang tangguh dalam menghadapi persaingan melalui penyedia layanan barang dan/atau jasa yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Ganti Rugi, Konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Ni Made Risma Damayanthi
Date Deposited: 14 Nov 2025 03:23
Last Modified: 14 Nov 2025 03:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27285

Actions (login required)

View Item View Item