Maharani, Putu Savita (2026) MANAJEMEN TEACHING FACTORY KONSENTRASI KEAHLIAN PERHOTELAN DI SMK NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2115011041-COVER.pdf Download (654kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2115011041-ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115011041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (225kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115011041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115011041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115011041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115011041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115011041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2115011041-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen Teaching Factory pada Konsentrasi Keahlian Perhotelan di SMK Negeri 1 Sukasada. Fokus penelitian diarahkan pada empat fungsi manajemen, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling) yang diintegrasikan dalam proses Teaching Factory meliputi identifikasi produk, analisis cakupan kompetensi, perencanaan produksi, analisis kecukupan sumber daya, pengerjaan produk, penyerahan hasil produk, serta layanan purna jual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, serta mitra industri, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, sekolah telah menyusun rencana pembelajaran berbasis industri yang terintegrasi dengan kurikulum serta melibatkan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA). Pada tahap pengorganisasian, struktur tim Teaching Factory dibentuk secara jelas dengan pembagian tugas yang sesuai dengan bidang keahlian. Tahap pelaksanaan dilakukan melalui model learning by doing sehingga peserta didik terlibat secara langsung dalam produksi barang dan jasa perhotelan yang bernilai ekonomi. Sementara itu, tahap pengawasan dilakukan secara berkesinambungan melalui evaluasi internal dan umpan balik dari mitra industri untuk menjamin kualitas produk dan layanan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Teaching Factory, Perhotelan, Sekolah Menengah Kejuruan |
| Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) |
| Depositing User: | PUTU SAVITA MAHARANI |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 09:42 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 09:42 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27361 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
