Astana, I Komang Martia (2026) Pengembangan Media Edukasi Augmented Reality Motif Kain Tenun Rangrang Nusa Penida. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2115051029-COVER.pdf Download (19MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2115051029-ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115051029-BAB 1.pdf Download (250kB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115051029-BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (857kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115051029-BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (906kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115051029-BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2115051029-BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115051029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2115051029-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kain Tenun Rangrang merupakan warisan budaya khas Nusa Penida, Bali, yang memiliki nilai estetika dan filosofi tinggi yang tercermin dalam setiap motifnya. Namun, minat dan pemahaman generasi muda terhadap kain ini mulai menurun akibat kurangnya edukasi serta media promosi yang menarik dan relevan dengan perkembangan teknologi. Kondisi ini dikhawatirkan dapat mengancam keberlanjutan pelestarian warisan budaya lokal di tengah arus modernisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media edukasi berbasis Augmented Reality (AR) bernama ARangrang, yang menampilkan enam motif utama Kain Tenun Rangrang beserta makna filosofisnya, serta mengetahui respon pengguna terhadap media tersebut dalam memahami nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi kerangka kerja Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Proses pengembangannya dilakukan melalui enam tahap berurutan, meliputi pengkonsepan, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan Unity 3D dan Blender sebagai perangkat utama. Hasil pengujian blackbox menunjukkan bahwa seluruh fitur aplikasi ARangrang berfungsi dengan baik dan memenuhi 100% kriteria fungsionalitas. Uji validitas oleh ahli isi dan ahli media memperoleh koefisien 1,00 dengan kategori “Sangat Tinggi” dan kualifikasi “Sangat Valid”, sehingga dinyatakan “Layak digunakan tanpa revisi”. Uji respons pengguna terhadap 50 responden juga menunjukkan hasil sangat positif, di mana aplikasi dinilai efisien, menarik, mudah digunakan, dan efektif membantu memahami makna serta filosofi Kain Tenun Rangrang.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Kain Tenun Rangrang, MDLC, Media Edukasi, Nusa Penida. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
| Depositing User: | I Komang Martia Astana |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 02:25 |
| Last Modified: | 24 Dec 2025 02:25 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
