PENGARUH APLIKASI CABRI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Novenda, Kadek Mony (2020) PENGARUH APLIKASI CABRI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN GUGUS JENDERAL SUDIRMAN KECAMATAN DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031161-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031161-ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031161-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031161-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031161-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031161-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031161-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031161-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031161-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan desain eksperimental yaitu quasi experiment memiliki tujuan untuk dapat mengetahui pengaruh alat peraga Aplikasi Cabri terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design dengan populasinya yaitu seluruh siswa kelas V di SDN Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 324 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan memilih sampel berdasarkan pada kelompok, atau kelompok subjek yang berkumpul bersama secara alami. Sampel yang didapatkan disetarakan terlebih dahulu menggunakan uji-t polled varians. Setelah kedua sampel dinyatakan setara, selanjutnya menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan cara undian sehingga diperoleh kelas V A di SD Negeri 6 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dan kelas V di SD Negeri 13 Sesetan sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan yaitu data kompetensi pengetahuan matematika dan metode yang digunakan adalah metode tes dengan jenis tes objektif pilihan ganda biasa yang berjumlah 30 butir yang telah divalidasi. Selanjutnya data dianalisis lagi menggunakan uji-t. Hasil dari analisis menunjukkkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan mengggunakan alat peraga Aplikasi Cabri dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan alat peraga Aplikasi Cabri pada siswa kelas V SD Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil analisis tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan thitung = 6,194, ttabel = 1,988 dengan taraf signifikansi 5% dengan dk = 85. Begitu pula nilai rata-rata kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelompok eksperiment = 68,49 > = 55,89 merupakan rata-rata kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelompok kontrol. Hasil efektivitas dari penggunaan alat peraga Aplikasi Cabri ini yaitu 1,328. Pada kriteria d > 0,8 memiliki efek yang besar, hasil hitung efektivitas 1,328 > 0,8 maka efektivitas penggunaan alat peraga Aplikasi Cabri ini memiliki efek besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Aplikasi Cabri terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SDN Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian, Aplikasi Cabri bisa dijadikan jalan keluar dalam membantu proses pembelajaran agar siswa dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Cabri, Kompetensi Pengetahuan Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: KADEK MONY NOVENDA
Date Deposited: 27 Jul 2020 21:29
Last Modified: 27 Jul 2020 21:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2748

Actions (login required)

View Item View Item