Firdaus, Kholid (2020) Analisis Perbandingan Statik Material Galvanized Steel Dengan Material Aluminium Alloys 7076-T6 (Sn) Pada Frame Ganesha Scooter Underwater (GSU) Menggunakan Software Solidworks. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1415071017-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1415071017-ABSTRAK.pdf Download (340kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1415071017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (66kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1415071017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1415071017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1415071017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1415071017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11415071017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1415071017-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Abstrak Dalam penenlitian ini dilakukan analisis tegangan statik pada rancangan Frame Ganesha Scooter Underwater dengan perbandingan material galvanized steel dan aluminuium alloys 7076-T6 menggunakan software Solidworks dengan tanpa beban pengendara dan pembebanan dari pengendara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tegangan statik terbesar pada Frame ganesha Scooter Underwater menggunakan material galvanized steel dan aluminium alloys 7076-T6 dengan beban 80 Kg dan tanpa beban. Hasil yang didapat setelah proses analisis dilakukan yaitu, didapatkan tegangan von mises maksimum pada frame material galvanized steel dengan tanpa beban pengendara sebesar 2,559x107 N dan frame material aluminuium alloys 7076-T6 2,344x107 N. Untuk Frame material galvanized steel dengan beban pengendara sebesar 2,570x107 N dan frame material aluminuium alloys 7076-T6 2,533x107 N. Faktor keamanan Frame material galvanized steel dengan tanpa beban pengendara sebesar 0,7967 N dan frame galvanized steel dengan tanpa beban 0,7933 N. Untuk frame material aluminuium alloys 7076-T6 dengan beban pengendara sebesar 21,4619 N dan frame aluminium alloys 7062-T6 (SN) dengan tanpa beban sebesar 21,5443 N. Dari hasil analisis yang telah dilakukan pada frame dengan material galvanized steel dan Aluminium alloys 7076-T6 (SN) tanpa beban pengendara maupun dengan beban pengendara mengalami penurunan setelah dilakukan penggantian material Aluminium alloys 7076-T6 (SN) yaitu sebesar 8,4% dan juga tegangan maksimum pada frame dengan material galvanized steel dengan beban pengendara mengalami penurunan setelah dilakukan penggantian material Aluminium alloys 7076-T6 (SN) yaitu sebesar 8,4%. Kemudian hasil faktor keamanan (factor of safety) pada frame material galvanized steel tanpa beban pengendara mengalami peningkatan setelah dilakukan penggantian material Aluminium alloys 7076-T6 (SN) yaitu sebesar 63%. Dan juga faktor keamanan (factor of safety) pada frame standar material galvanized steel dengan beban pengendara mengalami peningkatan setelah dilakukan penggantian material Aluminium alloys 7076-T6 (SN) yaitu sebesar 63,02%, sehingga dapat dikatakan bahwa pergantian material galvenized steel dengan aluminium alloys 7076-T6 lebih baik dan lebih kuat untuk digunakan. Kata Kunci : Frame, Galvanized Steel, Aluminium Alloys, Solidworks dan Tegangan Von Mises
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Frame, Galvanized Steel, Aluminium Alloys, Solidworks, Tegangan Von Mises |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | KHOLID FIRDAUS |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 00:48 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 00:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2805 |
Actions (login required)
View Item |