Cahyani, Ni Made Ayu Mirah (2020) The Effect of Infographic on English Language Education Students' Speaking Competence. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021111-COVER.pdf Download (872kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021111-ABSTRAK.pdf Download (419kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021111-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (132kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021111-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI)
1612021111-BAB 3 METODELOGI.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021111-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (746kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021111-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021111-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (418kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021111-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh media infografik terhadap kompetensi berbicara siswa di tingkat perguruan tinggi. Desain penelitian ini adalah penelitian kuasi-eksperimen dengan desain post-test only control group desain untuk mengumpulkan hasil data. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 di program studi Pendidikan Bahasa Inggris UNDIKSHA Indonesia tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini melibatkan 2 kelas (kelas C dan E) yang sebelumnya sudah dipilih oleh program studi ELE sebagai sampel penelitian. Uji normalitas dan homogenitas dilakukan sebelum perlakuan untuk memastikan kedua kelompok homogen dan terdistribusi secara normal dan hasilnya menunjukkan kelompok-kelompok ini homogen dan terdistribusi secara normal. Dengan melakukan lotere, sampel dibagi menjadi kelompok eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan infografis dan kelompok kontrol yang diajarkan dengan menggunakan strategi konvensional. Data dikumpulkan melalui post-test dalam bentuk tes berbicara. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok eksperimen berkinerja lebih baik daripada siswa dalam kelompok kontrol. Hal ini didukung oleh hasil statistik deskriptif yang menunjukkan skor rata-rata kelompok eksperimen (X̄ = 82,89) lebih tinggi daripada kelompok kontrol (X̄ = 75,03). Hasil uji-T menunjukkan bahwa nilai tob adalah 5,422 sedangkan nilai tcv adalah 1,674 yang berarti tobs lebih tinggi dari tcv. Selain itu, nilai signifikan dari data adalah 0,001 atau kurang dari 0,05. Hasil uji pengaruh adalah 1,45 yang termasuk dalam kategori berpengaruh besar. Berdasarkan hasil temuan, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan infografis sebagai media pada kompetensi berbicara siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Infografik, kompetensi berbicara, media instruksional. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Made Ayu Mirah Cahyani |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:59 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2971 |
Actions (login required)
View Item |