Sutarnitri, Ni Putu Dina (2020) PERBAIKAN PENCAHAYAAN RUANG KELAS MENURUNKAN KELELAHAN MATA DAN KEBOSANAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 KUTA UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041019-COVER.pdf Download (508kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041019-ABSTRAK.pdf Download (304kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041019-LAMPIRAN.pdf Download (740kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbaikan pencahayaan di ruang kelas dapat menurunkan kelelahan mata dan kebosanan belajar peserta didik pada pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Kuta Utara. Penelitian ini merupakan eksperimental semu (quasi experimental) dengan rancangan sama subjek (treatment by subject design) dengan pola randomized pre and post test group design. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 1 Kuta Utara yang terletak di Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung-Bali. Seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Kuta Utara menjadi populasi dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI tahun ajaran 2019/2020 yang masuk dalam kriteria inklusi. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana dan dipilih 25 peserta didik. Tingkat kelelahan mata dan kebosanan belajar didata menggunakan kuesioner kelelahan mata dan kuesioner kebosanan belajar yang telah tervalidasi. Data dianalisis menggunakan uji t dependent sample dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat perbedaan bermakna pada kelelahan mata sebesar 38,53% (p<0,05) dan kebosanan belajar peserta didik sebesar 67,43% (p<0,05%) antara sebelum dan sesudah perbaikan pencahayaan di ruang kelas. Disimpulkan bahwa perbaikan pencahayaan di ruang kelas dapat menurunkan kelelahan mata dan kebosanan belajar peserta didik. Disarankan agar para pengguna ruang kelas memerhatikan intensitas pencahayaan di ruang kelas untuk menghindari terjadinya kelelahan mata dan kebosanan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perbaikan pencahayaan, ruang kelas, kelelahan mata, kebosanan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Dina Sutarnitri |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 04:50 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 04:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3374 |
Actions (login required)
View Item |