PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT UNTUK SISWA KELAS VII

ARIGUNAWAN, I MADE WIDYA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT UNTUK SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1413011122-COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1413011122-ABSTRAK.pdf

Download (471kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011122-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (497kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011122-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011122-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011122-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011122 BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011122-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1413011122-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam penelitian ini sudah dikembangkan media pembelajaran matematika berbasis game edukasi pada pokok bahasan bilangan bulat. Game edukasi yang dikembangkan bernama “Operasi Matematika - Robot dan Boneka”, dirancang untuk pemain tunggal agar pemain dapat menemukan dan memahami mengenai operasi bilangan bulat dengan bantuan beberapa karakter sebagai simbol dan petunjuk permainan untuk mengarahkan pemain menuju konsep. Tujuan dari pengembangan media adalah mengetahui rancang bangun, implementasi, dan kevalidan dari media pembelajaran matematika berbasis game edukasi pada pokok bahasan bilangan bulat. Pengembangan menggunakan aplikasi Construct 2 dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate), tetapi dalam penelitian hanya sampai pada tahap ketiga yaitu develop karena keterbatasan keadaan, biaya, tenaga, dan waktu. Pengujian terhadap produk difokuskan hanya pada validitas saja yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Analisis terhadap hasil pengujian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan rata rata skor kevalidan media pembelajaran dari ahli media sebesar 4,17 dan ahli materi sebesar 4,5 dengan kriteria sangat valid. Dengan memenuhi kriteria valid, media pembelajaran berbasis game edukasi layak untuk dilanjutkan ke tahap uji kepraktisan dan keefektifan dari media yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Matematika, Game Edukasi, Bilangan Bulat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Made Widya Arigunawan
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:56
Last Modified: 29 Jul 2020 06:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3456

Actions (login required)

View Item View Item