PETUALANG MATEMATIKA : PENGEMBANGAN GAME TIPE ROLE PLAYING GAME (RPG) BERBASIS EDUTAINMENT PADA PEMBELAJARAN PECAHAN SISWA KELAS 4 SD

HANDAYANI, NI PUTU ELA (2020) PETUALANG MATEMATIKA : PENGEMBANGAN GAME TIPE ROLE PLAYING GAME (RPG) BERBASIS EDUTAINMENT PADA PEMBELAJARAN PECAHAN SISWA KELAS 4 SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011047-COVER.pdf

Download (676kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011047-ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (473kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011047-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011047-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game tipe role playing game (RPG) berbasis edutainment serta untuk mengetahui kevaliditasan dari media yang dikembangkan. Adapun judul dari pengembangan game ini adalah “Petualang Matematika”. Game “Petualang Matematika”ini adalah sebuah media pembelajaran yang diaplikasikan pada saat pembelajaran materi pecahan untuk kelas IV SD. Adapun prosedur dari pengembangan game ini adalah sebagian dari langkah-langkah 4D model, diantaranya define, design, dan development. Game ini terdiri atas dua level yang berbeda, dengan pembedanya terletak pada materi yang termuat. Pengembangan media ini dilaksanakan hanya sampai pada tahap validitas media dengan menggunakan angket. Adapun hasil uji validitas game “petualang Matematika” diperoleh skor valid sebesar 2,725 yang termasuk kedalam kriteria “layak”. Luaran yang diharapkan dari pengembangan media pembelajaran dalam bentuk game ini adalah menambah literasi digital sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi pecahan. Adapun keterbatasan dari penelitian ini adalah pelaksanaannya hanya sampai pada tahap validitas mengingat kondisi pandemi ini sehingga tidak dapat diujicobakan pada siswa. Kata kunci: petualang matematika, edutainment, game RPG, pecahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: petualang matematika, edutainment, game RPG, pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Putu Ela Handayani
Date Deposited: 30 Jul 2020 00:47
Last Modified: 30 Jul 2020 00:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3588

Actions (login required)

View Item View Item