WismaDewi, I Gusti Ayu Putu Indy (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829111005-COVER.pdf Download (370kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829111005-ABSTRAK.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829111005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (295kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829111005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829111005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829111005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829111005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829111005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829111005-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian karakter siswa Sekolah Menengah Kejuruan serta mengetahui kelayakan validitas dan reliabilitas dari butir-butir instrumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D), model penelitian yang digunakan yaitu Four-D (4D). Model 4D terdiri dari empat tahap penelitian yaitu define, design, develop, dan disseminate. Analisis data yang digunakan yaitu untuk menguji validitas isi instrumen penilaian karakter dengan rumus Lawshe CVR dan CVI, serta untuk menguji reliabilitas dari butir instrumen, peneliti menggunakan rumus alpha croncbach yang dianalisis menggunakan SPSS 22.0 Pengujian dilakukan oleh 5 pakar atau ahli yang berkompeten dalam bidang Bimbingan Konseling. Hasil penelitian berdasarkan analisis validitas isi adalah nilai CVR per-item yang diperoleh antara +1 sampai 0 (CVR > 0). Selanjutnya hasil analisis Lawshe CVI memperoleh skor 1,352 lebih besar dari 0 (1,352 > 0). Berdasarkan analisis data tersebut berarti nilai validitas isi instrument adalah tinggi dan untuk hasil reliabilitas yang di dapatkan sebesar 0,78 > 0,60 dengan demikian semua butir kuesioner dinyatakan reliabel.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian, karakter siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Putu Indy Wismadewi |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 12:57 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 12:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4162 |
Actions (login required)
View Item |