Made Putra Jaya, Putra (2021) ANALISIS KELAS MAYA JEJAK BALI MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING TEKNIK CONCURRENT THINK ALOUD DAN PERFORMANCE MEASUREMENT. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1729101025-COVER.pdf Download (382kB) |
|
Text (ABSRTRAK)
1729101025-ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729101025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (335kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729101025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729101025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729101025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729101025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729101025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729101025-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Jejak Bali adalah website yang dibuat khusus oleh PUSTEKKOM dalam mengelola kegiatan belajar sehingga Dinas Pendidikan Provinsi Bali dapat melaksanakan pengawasan dan pembinaan pembelajaran e-learning SMA/SMK di Bali. Namun masih banyaknya kendala yang dialami baik guru maupun siswa saat menggunakan Jejak Bali sehingga menyebabkan jarang mengakses sistem. Kondisi tersebut mendorong dirancang sebuah penelitian, dalam melihat sejauh mana usability sebuah sistem dari segi pengguna untuk meningkatkan kepuasan user dalam menggunakan Jejak Bali. Metode yang digunakan yaitu Usability Testing teknik Concurrent Think Aloud (CTA) dan Performance Measurement yang mengukur tiga aspek yaitu efektivitas (effectiveness), efisiensi (efficiency), dan kepuasan pengguna (satisfaction). Populasi dalam penelitian ini yaitu guru serta siswa dari Sekolah SMAN 1 Denpasar dan SMKN 3 Denpasar. Dalam mengukur Performance Measurement serta CTA sampel yang digunakan terdiri dari guru 20 orang guru dan 20 orang siswa, dan kepuasan pengguna menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) sebanyak 86 orang responden guru dan siswa. Hasil dari penelitian yang diperoleh (1) Jejak Bali untuk pengguna guru dan siswa masih belum efektif karena masih adanya error yang dilakukan saat mengerjakan tugas yang diberikan, (2) Jejak Bali yang dilihat dari waktu pengerjaan tugas pengguna guru dan siswa belum efisien karena persentase tugas yang perbedaan signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak ada perbedaan waktunya, (3) Jejak Bali masih belum memenuhi kepuasan pengguna dilihat dari hasil rekapitulasi kuesioner SUS dengan skor guru sebesar 49,0 dan siswa dengan skor 48,3. Karena nilai yang diperoleh dibawah 60, Jejak Bali dapat disimpulkan masih belum memenuhi Usability yang baik dilihat dari hasil yang diperoleh dari tiga aspek yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disarankan bagi pengembang dilakukan penyesuaian template atau disain sehingga lebih menarik dan penambahan fitur pesan antar guru dan siswa, fitur informasi pada saat guru menambahkan kelas, fitur opsi acak soal, opsi pembahasan, opsi soal berupa gambar maupun symbol pada kuis maupun ujian online.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Usability Testing, Concurrent Thing Aloud, Performance Measurement, System Usability Scale. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Komputer (S2) |
Depositing User: | Made Putra Jaya |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 09:47 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 09:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5476 |
Actions (login required)
View Item |