Savitri, Kadek Riska (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011064-COVER.pdf Download (742kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011064-ABSTRAK.pdf Download (46kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (652kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011064-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011064-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011064-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa saat menyelesaikan persoalan matematika. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang dibelajarkan secara virtual dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan video pembelajaran, siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CUPs, dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CUPs, dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design dipilih sebagai desain dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tejakula yang berjumlah 195 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Sampel sebanyak 97 orang yang dibagi menjadi 3 kelas dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan dengan tes uraian. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan dengan menggunakan uji Anacova dengan taraf signifikan 5%. Didapatkan F hitung sebesar 4,629 dan F tabel sebesar 3,904. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dari ketiga kelompok tersebut. Berdasarkan perhitungan adjusted mean, kemampuan berpikir kritis tertinggi siswa adalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran CUPs berbantuan video pembelajaran (74,523), disusul siswa yang diajar dengan model pembelajaran CUPs (73,511), dan yang paling kecil adalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional (68,421). Kesimpulannya, kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran CUPs berbantuan video lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran CUPs dan konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis siswa, matematika, CUPs, video |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | KADEK RISKA SAVITRI |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 07:18 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 07:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6282 |
Actions (login required)
View Item |