Sugita, Ni Putu Anggi Natalia (2021) AN ANALYSIS OF THE ENGLISH TEACHERS' PERCEPTIONS ON REFLECTIVE THINKING PRACTICE IN ONLINE LEARNING IN SMPS LABORATORIUM UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021062-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021062-ABSTRAK.pdf Download (487kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (781kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1712021062-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (954kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021062-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021062-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021062-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dimana temuan penelitian dalam bentuk data numerik diinterpretasikan secara deskriptif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang praktik berpikir reflektif guru. Subjek penelitian ini adalah tiga guru bahasa Inggris di SMPS Laboratorium Undiksha. Teachers’ Reflective Thinking Questionnaire (TRTQ) dan panduan wawancara digunakan sebagai instrumen. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris dikategorikan sebagai guru tingkat lanjut, di mana mereka cenderung memanfaatkan empat keterampilan berpikir reflektif terhadap pengajaran mereka, yaitu lifelong learning skill, self-assess ability, self-belief ability, dan teaching awareness. Para guru merasa bahwa mereka perlu menemukan strategi yang paling efektif untuk mengajar siswa untuk perbaikan pengajaran mereka ke depannya. Mereka menyadari bahwa dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka dalam mengajar, dapat memenuhi kebutuhan mereka sebagai guru. Dalam melaksanakan praktik berpikir reflektif, para guru bahasa Inggris menemukan tantangan tertentu seperti masalah kelembagaan, masalah pengarahan diri sendiri, dan masalah prinsip berpikir reflektif. Oleh karena itu, karena penelitian ini terbatas pada metode pengumpulan datanya, maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk melihat bagaimana guru merefleksikan proses belajar mengajar kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik berpikir reflektif, empat keterampilan berpikir reflektif, tingkat pemikiran reflektif guru, tantangan praktik reflektif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Anggi Natalia Sugita |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 11:17 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 11:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6785 |
Actions (login required)
View Item |