Yasa, I Gst Made Oka Sedana (2021) PERAN YAYASAN LEMBAGA PERLINDUNGAN KONSUMEN TERKAIT KERUGIAN KONSUMEN DITINJAU BERDASARKAN PASAL 8 HURUF F UNDANG – UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus Kerugian Konsumen Terhadap Pembelian Rumah Subsidi Di Wilayah Kabupaten Tabanan). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1714101067-COVER.pdf Download (596kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1714101067-ABSTRAK.pdf Download (176kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1714101067-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1714101067-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1714101067-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1714101067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1714101067-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1714101067-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1714101067-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peran YLPK Bali dalam menangani masalah kerugian konsumen mengenai pembelian rumah subsidi di wilayah Kabupaten Tabanan, serta (2) implementasi perlindungan hukum bagi konsumen perumahan yang dirugikan oleh pelaku usaha jasa pengembang perumahan di wilayah kabupaten tabanan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris, dengan sifat penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di YLPK Bali dan Pemerintah Kabupaten Tabanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara studi dokumen, observasi, dan wawancara. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik Non Probability Sampling dan penentuan subyeknya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengolahan dan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran YLPK Bali yakni menerima pengaduan kerugian konsumen serta membantu menyelesaikan sengketa baik secara litigasi maupun non litigasi. Dalam non litigasi YLPK bertugas memperjuangkan hak – hak konsumen yang dirugikan sampai ada proses ganti rugi dan jika tidak berhasil barulah akan diselesaikan dengan cara litigasi yaitu pendampingan terhadap konsumen. (2) Implementasi perlindungan hukum bagi konsumen perumahan di wilayah kabupaten tabanan belum efektif, hal ini dapat dipengaruhi oleh struktur hukum yang belum maksimal melakukan kewajibannya dalam hal sosialisasi, pengawasan dan penegakan peraturan perundang – undangan yang berlaku. Kondisi yang demikian mempengaruhi budaya hukum masyarakat baik pelaku usaha maupun konsumen dimana pemahaman mereka tentang ketentuan yang berlaku masih sangat minim yang berimplikasi adanya pelanggaran dan kerugian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran, Lembaga Perlindungan Konsumen, Kerugian Konsumen, Rumah Subsidi |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Ilmu Hukum (S1) |
Depositing User: | I GST MADE OKA SEDANA YASA |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 15:58 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 15:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6960 |
Actions (login required)
View Item |