Artini, Ni Nyoman (2021) AN ANALYSIS ON LANGUAGE AND GENDER REPRESENTATION IN INDONESIAN EFL TEXTBOOK “WHEN ENGLISH RINGS A BELL” FOR THE EIGHTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929081008-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929081008-ABSTRAK.pdf Download (756kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929081008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (718kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929081008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929081008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929081008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1929081008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929081008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (775kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929081008-LAMPIRAN.pdf Download (776kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: a) representasi stereotip konsep gender dalam buku teks bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia; b) dekonstruksi terhadap stereotip konsep gender dalam buku teks bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia. Penelitian ini menerapkan model penelitian kualitatif yang dijabarkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Buku teks bahasa Inggris berjudul “When English Rings a Bell” untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) dipilih sebagai subjek penelitian. Teks dan gambar pada buku teks menjadi objek penelitian yang dianalisis sesuai kaitannya dengan representasi konsep gender dilihat dari pendekatan deficit, dominasi, dan perbedaan seperti yang dikemukakan oleh Lakoff (1975), Cameron (2003), dan Tannen (1990). Penelitian ini menunjukkan bahwa buku teks bahasa Inggris masih memuat stereotip konsep gender, baik dari segi teks maupun visual. Dari aspek kebahasaan teridentifikasi tiga kategori, yaitu (1) defisit bahasa perempuan yang terdiri dari penggunaan leksikal hedges dan filler, penggunaan kata sifat kosong, dan penggunaan intensifier; (2) dominasi laki-laki yang terdiri dari dominasi laki-laki dalam percakapan dan pola penyebutan 'laki-laki yang pertama'; (3) gaya komunikasi yang berbeda yang terdiri dari pemilihan topik dan fokus pembicaraan. Dari aspek citra visual teridentifikasi tiga kategori yaitu (1) tampilan fisik tokoh; (2) atribut yang terkait dengan jenis kelamin tertentu; (3) ilustrasi aksi dan aktivitas. Meskipun buku teks memuat konsep stereotipe, ada juga upaya untuk mendekonstruksi stereotipe dari aspek bahasa, seperti (1) dekonstruksi konflik vs. kompromi; (2) dekonstruksi terhadap penggunaan pertanyaan tag. Dari aspek citra visual, dekonstruksi ditemukan pada ilustrasi tindakan dan kegiatan seperti (1) profesi; (2) aktivitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa stereotip konsep gender masih muncul dalam materi pembelajaran bahasa Inggris, sementara usaha mendekonstruksi stereotip tersebut masih bersifat samar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku teks, bahasa, gender, EFL |
Subjects: | L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | NI NYOMAN ARTINI |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 04:52 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 04:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7017 |
Actions (login required)
View Item |